5 Hal yang Bisa Anda Coba Lakukan Sebelum Berangkat Ibadah Umrah

Kategori : Umrah, Ditulis pada : 30 Juli 2024, 11:34:18

Bagi seorang muslim, menunaikan umrah merupakan harapan yang selalu ada dalam pikiran. Mengingat sekarang ini untuk menunaikan haji butuh biaya yang mahal dan waktu menunggu yang semakin panjang, umrah menjadi solusi bagi mereka yang sudah merindukan ingin ke Baitullah.

Tetapi, cita-cita saja tidak akan terealisasi jika Anda tidak mulai memantaskan diri untuk pergi umrah. Utamanya masalah keuangan. Apabila tidak ada goal yang jelas kapan Anda akan melaksanakan ibadah umroh, Anda tidak akan pernah menyisihkan dana khusus untuk ibadah umrah. Jadi, bagaimana cara cepat berangkat ibadah umrah jika keinginan Anda sudah menggebu-gebu? Tenang, kami akan membocorkan kiatnya buat Anda. Selamat menyimak!

piggy-bank-968302_1280.jpg

Image by Steve Buissinne from Pixabay 

1) Pasang Niat Kuat-kuat

Jika Anda ingin cepat menunaikan umrah, pasanglah niat kuat-kuat supaya Anda bisa segera berangkat ke tanah suci. Banyak orang muslim yang secara finansial cukup mampu melaksanakan umrah, tapi mereka tidak memiliki niat untuk umrah, lho!

Entah karena dari sisi spiritualnya kurang mendapat masukan tentang pentingnya ibadah umrah, atau memang mereka menjatuhkan pilihan untuk memprioritaskan hal-hal yang bersifat duniawi seperti membeli rumah impian, mobil, pakaian, perabotan, menekuni hobi, plesir dan lain-lain.

Oleh karena itu, Anda termasuk golongan orang yang beruntung saat Anda memiliki niat untuk beribadah umrah. Bahkan, Anda belum memiliki tabungan berlebih untuk umrah, namun karena kekuatan niat, bukan tidak mungkin Anda akan berangkat ke tanah suci duluan dibandingkan dengan mereka yang punya banyak uang|memiliki kelebihan harta|kaya) tapi tidak berniat umrah. Oleh karena itu, kekuatan niat adalah modal untuk Anda bisa untuk menggapai cita-cita Anda menunaikan umroh dengan cepat. Miliki keyakinan sepenuh hati bahwa Anda LAYAK untuk ibadah umrah, atas seizin Allah.

2)  Cari Tahu Selengkapnya Tentang Ibadah Umrah

Langkah kedua yang bisa Anda tempuh untuk bisa segera berangkat adalah dengan mempelajari tentang umrah. Mulai dari rukun-rukunnya, doa-doanya, yang harus disiapkan, manasiknya, dan semua hal yang berkaitan dengan ibadah umrah. Lalu, yang tak kalah pentingnya adalah Anda harus mempelajari tentang biro travel umrah yang amanah untuk memberangkatkan Anda ke Baitullah. Anda bisa mencarinya sendiri via online, membandingkannya dengan beberapa travel umrah lain, atau bisa juga meminta pertimbangan keluarga dan relasi yang sebelumnya pernah berangkat umrah.

tablet-1075790_1280.jpg

Image by Niek Verlaan from Pixabay

Anda juga bisa menggali informasi terkait ibadah umrah dengan cara sharing dengan sahabat, keluarga atau konsultasi dengan ustadz yang Anda percaya. Semakin Anda mencari tahu tentang umrah, maka Anda telah memancarkan sinyal yang kuat ke alam semesta bahwa Anda siap diundang ke Baitullah dari Allah SWT. Ini juga ikhtiar supaya bisa cepat sampai tujuan lho!

3) Siapkan Dana Tabungan Umrah

Buat Anda yang belum memiliki dana khusus untuk berangkat umrah, tenang saja. Anda bisa mulai menyisihkan untuk biaya umrah sekarang juga. Yang harus Anda lakukan adalah mengurus pembukaan tabungan umrah dan berusaha untuk teratur menabung. Tentukan waktu keberangkatan umrah Anda. Anda harus menentukan target kapan waktu Anda akan berangkat ibadah umrah, agar ada motivasi untuk memenuhi target tersebut.

Misal, Anda berniat untuk berangkat ibadah umrah 3 tahun dari sekarang. Biaya umrah dan lain-lainnya lebih kurang 30-35 juta rupiah. Maka, dengan pendapatan misalnya 3 juta tiap bulan, Anda harus mengalokasikan sekitar 1 juta per bulan untuk bisa berangkat umroh. Kurun waktu 3 tahun (36 bulan) Anda akan memiliki tabungan sejumlah 36 juta rupiah. Cukup realistis, kan? Anda bisa sesuaikan dengan kondisi keuangan Anda masing-masing. Jika ingin lebih cepat lagi, Anda dapat menggunakan dana talangan untuk ibadah umrah dari bank atau lembaga keuangan sejenis.

4) Mohon Restu dari Orang Tua

Ini merupakan ikhtiar langit yang bisa Anda terapkan sebagai jalan pintas berangkat umrah. Sudah cukup banyak yang membuktikan cara ini, atas ridho dari orangtua atau mertua, niat untuk berangkat umroh akan lebih segera terealisasi. Ingat kan, kalau ridho Allah terletak pada ridho orangtua?

Ungkapkan keseriusan jika Anda ingin beribadah umrah, bahagiakan orangtua Anda, buat hati keduanya senang dan mereka pun akan dengan senang hati memanjatkan doa untuk Anda agar bisa melaksanakan ibadah umrah.

5) Memilih Umrah Hemat yang Berkualitas

Cara berumroh hemat saat ini bermacam-macam. Ada yang memilih jalan umrah backpacker, ada juga yang memilih membeli paket umrah di masa off peak season agar mendapat diskon yang lumayan. Selain itu, booking paket umrah secara rombongan juga bisa dijajal untuk memperoleh potongan harga dari biro umrah, sehingga umrah Anda jadi lebih hemat biaya tanpa mengurangi kualitas layanannya.

Chat Dengan Kami
built with : https://erahajj.co.id